Subscribe:

Minggu, 20 November 2011

Menyulap Garasi Rumah Menjadi Studio Foto


PDF Cetak E-mail
PhotographerBanyak bisnis besar yang bermula dari garasi rumah. Andapun juga bisa merintis usaha dengan memanfaatkan ruang kosong yang tersedia di garasi rumah. Bila belum menemukan peluang bisnis yang cocok untuk dikelola di garasi rumah sementara Anda hobi fotografi, tak ada salahnya membuka studio foto mini.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membuka studio foto mini ini, seperti berikut :
  1. Perlengkapan. Sebagai awal mula, perlengkapan yang dibutuhkan untuk studio mini tidak harus sebagaimana studi profesional. Anda cukup menyediakan kamera digital berlensa standar, tripod, layar dekorasi sederhana, lighting dan komputer beserta printer berwarna untuk mencetak foto. Perlengkapan bisa di-upgrade menjadi lebih memadai seiring pertumbuhan bisnis studio mini Anda.
  2. Mendesain garasi. Untuk menarik perhatian konsumen, desain garasi Anda selayaknya studio profesional. Tambahkan kursi atau bila memungkinkan sofa agar konsumen bisa menunggu hasil foto dengan nyaman. Jaga kebersihan studio mini Anda sebagai salah satu bentuk servis kepada konsumen.
  3. Skill. Asah selalu kemampuan Anda dalam mengoperasikan kamera serta mengimplementasikan software yang berkaitan dengan fotografi seperti Adobe Photoshop dan lain sebagainya untuk menciptakan kredibilitas usaha.

Walau terkesan sederhana, bisnis ini menyimpan potensi yang cukup menjanjikan. Demand akan jasa foto serta cetak foto digital masih bergerak positif terutama di daerah pemukiman. Perilaku konsumen yang menginginkan efektifitas selalu mencari studio foto yang terdekat dengan rumahnya bila sewaktu-waktu membutuhkan foto untuk keperluan pribadi ataupun pekerjaan.

Bila Anda cakap mengasah kemampuan, bukan tak mungkin bisnis Anda akan merambah ke jasa video shooting untuk keperluan pernikahan, ulang tahun, gathering perusahaan dan lainnya yang suatu saat bisa berkembang lebih maju lagi sehingga menjadi perusahaan event organizer.

Bisnis ini mudah diterapkan dan bisa disambi dengan bisnis lain seperti menjual alat tulis dan fotokopi. Selain itu, studio foto mini skala rumah tangga tersebut juga dapat dikelola secara perseorangan. Nah, bila Anda memiliki garasi yang cukup luas, mengapa tidak dimanfaatkan untuk menjemput penghasilan? (*/ely)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar